Program Studi Bisnis Digital (S1) di Universitas Nusa Mandiri

program studi bisnis digital universitas nusa mandiri

Program studi Bisnis Digital merupakan program studi yang memiliki kekuatan pada pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Program Studi Bisnis Digital dikembangkan unruk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang penguasaan start up digital, market place, big data hingga artificial intelligence. Perkembangan teknologi yang pesat membuat masyarakat bergantung pada teknologi tercatat pada 2020 transkasi e-commerce di Indonesia bisa melampaui 130 miliar dollar dan hal tersebut merupakan peluang besar untuk memasuki bisnis digital.

Matakuliah Jurusan Bisnis Digital

  1. Pengantar Bisnis
  2. Perilaku Konsumen
  3. Pemasaran Internet
  4. Statistuka
  5. Hukum Bisnis
  6. Pengantar Manajemen
  7. E-Commerce Business
  8. Database
  9. Analisis Bisnis Digital
  10. Sistem Informasi Manajemen
  11. Etika Bisnis
  12. Dll

Secara umum jurusan Bisnis Digital ini mempelajari manajemen bisnis yang di perkuat pula ilmu yang berhubungan dengan teknologi.

Akreditasi Jurusan Program Studi Bisnis Digital

Program Studi (Prodi) Bisnis Digital (S1) pada Universitas Nusa Mandiri (UNM) bisa kalian cek pada  Badan Akreditasi Nasioanal Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi yag terdapat pada BAN-PT selalu update yang terbaru.

Prospek Kerja Prodi Bisnis Digital

1. Perencana Bisnis Berkelanjutan

Tugas dari seorang perencana bisnis yaitu mengembangkan, memelihara serta menerapkan bisnis berkelanjutan dan startegi pemulihan bencana dan solusi termasuk penilaian resiko, analisis dampak bisnis dan strategi serta dokumentasi bisnis berkelanjutan dan procedural pemulihan bencana.

Mengembangkan rencana manajemen darurat untuk pengambilan keputusan dan komunikasi pemulihan, keberlangsungan proses divisi yang penting, dan menutup sementara divisi yang tidak terlalu penting

Seorang perencana Bisnis Berkelanjutan juga harus bertindak sebagai koordinator dalam menyusun upaya kelanjutan bisnis pasca krisis contoh kegiatannya seperti analisa resiko bisnis dan dampaknya terhadap kelanjutan bisnis, mengambil strategi berdasarkan analisa resiko dan men-dokumentasikan prosedur untuk melanjutkan bisnis pasca krisis.

2. Manajer Pemasaran Digital

Merancang dan melaksanakan kampanye pemasaran melalui web, SEO / SEM, pemasaran database, email, media social, mengukur dan melaporkan kinerja semua kampanye pemasaran digital, dan memberikan penilaian terhadap tujuan akhir

Berkolaborasi dengan instansi dan mitra vendor lainnya

Memasarkan produk dan servis serta menarik pengguna dan mengkonversi masyarakat umum menjadi pelanggan melalui media dan kanal digital seperti web, mobile, video dan media sosial menggunakan teknik-teknik pemasaran digital pada umumnya seperti: Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM).

3. Konsultan Bisnis

Konsultasi Bisnis Menyediakan jasa konsultasi kepada suatu organisasi/lembaga/perusahaan, agar semakin berkembang dan lebih efisien. Konsultan bisnis mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi. Ia membuat perencanaan bisnis ke depan agar bisa memenuhi target yang diinginkan perusahaan.

Tugas seorang konsultasi Bisnis Mempelajari bisnis klien/perusahaan tempat ia bekerja secara menyeluruh, baik dengan meneliti data perusahaan, menghimpun informasi dari pemilik dan pegawai, mengecek keuangan perusahaan, mengunjungi perusahaan, dan sebagainya, mengidentifikasi serta mengevaluasi kekurangan dan kelebihan perusahaan, serta masalah yang (akan) dihadapi dan peluang yang dimiliki

4. Analis Manajemen Bisnis

Seorang Anlisis Manajemen Bisnis bekerja untuk menganalisa suatu perusahaan/organisasi dalam hal prosedur dan desain sistem operasional serta sistem lainnya. Profesi ini biasanya bertanggung jawab secara spesifik kepada bagian/divisi/program tertentu. Tujuan dari seorang analis bisnis adalah mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi agar manajemen dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya. Analisa program, konsultasi manajemen dan analis bisnis juga termasuk pekerjaan seorang analis manajemen.

5. Konsultan Pemasaran Digital

Tugas dari seorang konsultasn pemasaran digital adalah menerapkan strategi digital untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang sesuai target di situs/blog/platform digital

Berusaha meningkatkan jumlah pelanggan (subscribers), pengikut (followers), serta respon positif (likers)

Menyusun rekomendasi strategi konten (copywriting) serta desain website dengan tujuan pemasaran dan penjualan yang lebih baik

6. Manajer Pengembangan Bisnis

Manajer Pengembangan Bisnis bertugas menyusun target dan strategi jangka panjang organisasi, membangun hubungan dengan pelanggan, mengidentifikasi peluang bisnis, melakukan negosiasi bisnis, serta memonitor perkembangan pasar. Manajer pengembangan bisnis bekerja pada level senior di bagian penjualan. Ia bisa bekerja di berbagai bidang seperti konstruksi, manufaktur, industri makanan, perminyakan, dan sebagainya. Maka selain aspek bisnis, seorang manajer pengembangan bisnis harus mengerti mengenai industri yang digelutinya.

Kampus yang Ada Jurusan Bisnis Digital

Salah satu kampus yang tersedia jurusan Bisnis Digital adalah Universitas Nusa Mandiri. Jika kamu ingin melanjutkan Program Studi Bisnis Digital di Universitas Nusa Mandiri dapat menjadi pilihan utama yang bisa kamu tuju. Program Studi Untuk institusi atau kampus Universitas Nusa Mandiri yang sebelumnya bernama STIMIK Nusa Mandiri juga sudah terakredtasi B. Jadi jangan diragukan lagi ketika kamu memilih kuliah di Universitas Nusa Mandiri.

nusamandiri-gel-khusus
nusamandiri dana cita

Artikel Terbaru

Scroll to Top