Pedoman Pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB)

program magang mahasiswa bersertifikasi

Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB) adalah program yang di selenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang bekerjasama dengan seluruh BUMN. Tujuan dari program PMMB adalah untuk membentuk link dan match industri serta perguruan tinggi dengan cara memberikan kesempatan mahasiswa untuk magang di BUMN. Pada tahun 2018 Forum FHCI menginisiasi Program Magang Bersertifikasi (PMMB) sebagai bentuk implementasi BUMN hadir untuk negeri dengan tujuan dapat mencetak SDM yang berjiwa Entrepreneur sesuai dengan kebutuhan BUMN serta memiliki daya saing secara global.

Pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi

Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi dibagi menjadi 2 (dua) jenis pelaksanaan:

1. Magang Bersertifikasi Kompetensi

Magang Bersertifikasi Kompetensi dimana pada program ini mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi bidang (posisi) yang digunakan sebagai persyaratan dalam menduduki posisi tersebut selama 6 (enam) bulan, Peserta yang akan melaksanakan Magang Bersertifikasi Kompetensi ini sesuai dengan kompetensi bidang pada akhir masa pemagangan yang di lakukan oleh lembaga Sertifikasi Nasional.

Baca Juga: Kerja Part Time Yang Cocok untuk Mahasiswa

2. Magang Bersertifikasi Industri

Magang Bersertifikasi Industri dimana pada program ini mahasiswa melaksanakan pemagangan dengan projek yang di berikan oleh pihak industri selama 6 (enam) bulan, peserta akan dinyatakan selesai mengikuti pemagangan jika sudah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah di tentukan oleh industri dan di akui oleh pihak industri dengan mengeluarakan sertifikasi industri sesuai dengan projek yang di kerjakan.

program magang mahasiswa bersertifikasi pmbb

Pedoman Pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi, mari simak pedoman pelaksanaannya:

1. Pendaftaran di perguruan tinggi

Untuk mendaftarkan PMMB kamu bisa mendaftarkan keperguruan tinggi tempat kamu menempuh pendidikan sesui dengan tanggal yang di tentukan. Sebelum mendaftar pastikan kamu memenuhi kriteria dan peryaratan yang di butuhkan lengkap. Perguruan tinggi akan mengirimkan data pemagang yang lolos untuk di rekomendasikan dan dikirmkan data pemagang ke FHCI.

2. Data Kebutuhan BUMN

Selaku peyelenggara magang BUMN akan mengumumkan data kebutuhan pemagang ke FHCI . Data yang dikirimkan berupa jumlah kebutuhan, posisi dan kompetensi yang di perlukan untuk posisi tersebut.

3. Proses Match Up dan ICT I

Pada tahap ini FHCI melakukan match up antara kebutuhan BUMN terhadap posisi magang dan pemagang yang direkomendasikan oleh perguruan tinggi. Setelah hasil keluar maka pihak BUMN perguruan tinggi akan membuat perjanjian kerjasama magang antara kedua belah pihak.

4. Pelaksanaan Magang

Sebelum pelaksanaan magang peserta akan di berikan sejumlah pengenalan perusahaan, K3, Kompetensi magang, pembekalan pelaksanaan atau biasanya di sebut dengan In Class Training (ICT I). Pelaksanaan magang biasanya di laksanakan selama 6 bulan dalam masa magang peserta memiliki tanggung jawab yang harus di laksanakan dengan baik dan akan di nilai dari kinerja yang diberikan. Pemagang yang mengikuti magang di insdutri juga harus berkomitmen untuk mengikuti semua peraturan yang ada dalam perusahaan.

Baca Juga: 5 Jalur Masuk Kuliah Untuk Calon Mahasiswa

5. Akhir Magang

Pasa masa ahkhir magang untuk pemagang di program sertifikasi kompetensi akan mendapatka sertifikat kompetensi dari BNSP setelah lulus ujian kompetensi. Peserta magang di program industri akan mendapatkan sertifikat industri dari pihak BUMN.

Kriteria dan Persyaratan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi

Supaya kamu bisa mengikuti PMMB kamu harus memenuhi beberapa kriteria dan melengkapi sejumlah persyaratan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang akan mengikuti PMMB harus berstatus sebagai mahasiswa aktif D2-S2.
  2. Mahasiswa memiliki IPK minimal 2,75 dengan melampirkan trasnkrip nilai sebagai bukti.
  3. Peserta wajib berstatus sehat jasmani dan rohani serta bersedia magang selama 6 bulan.
  4. Peserta yang mengikuti program magang siap berkomitmen menjalankan kegiatan magang selama 6 bulan di BUMN dengan penuh tanggung jawab.
  5. Melengkapi dokumen diantarnya KTM, Transkip nilai, pakta integritas, surat izin prodi, surat izin orang tua, CV,SKCK dan SKTM.
  6. Mahasiswa lolos seleksi perguruan tingga lalu dilanjutkan dengan proram magang di BUMN

Nah diatas merupakan ulasan tentang pedoman pelaksanaan program magang mahasiswa bersertifikasi serta kriteria yang perlu di perhatikan ketika kamu akan mendaftar PMMB ini. Jangan lewatkan program magang mahasiswa bersertifikasi karena sangat dibutuhkan di duinia kerja nantinya dan kalian akan lebih siap menjadi SDM yang unggul.

pmb-nuri-bts

Artikel Terbaru

© Copyright 2021. BIRO TEKNOLOGI INFORMASI