Mengenal Pendidikan Vokasi di Tanah Air

pendidikan vokasi

Apa itu Pendidikan Vokasi? Ketika kamu akan memasuki bangku kuliah, tentunya kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan kampus atau perguruan tinggi. Hampir semua orang berfikir bahwa untuk menempuh pendidikan harus sarjana atau S1. Pendidikan S1 sendiri memakan waktu 7 hingga 8 semester untuk menempuh pendidikan.

Tahukah kamu bahwa di Indonesia terdapat beberapa jenis perguruan tinggi yang menyediakan program studi untuk kamu melanjutkan pendidikan? Ya salah satu jenis yang ada di tanah air adalah pendidikan Vokasi. Namun, terkadang pendidikan vokasi masih disamakan dengan pendidikan akademik. Padahal keduanya merupakan jenis yang berbeda.

Baca Juga: Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

Pendidikan vokasi adalah jenis perguruan tinggi yang berfokus pada penguasaan suatu Keahlian Terapan. Jenjang pendidikan yang dibuka biasanya D1 (Ahli Pratama), D2 (Ahli Muda), D3 (Ahli Madya), dan D4 (Sarjana Terapan). Untuk program studi D4 tingkatnya sama dengan pendidikan akademik Strata 1.

Sedangkan pendidikan akademik adalah perguruan tinggi yang berfokus pada pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, seni, ataupun teknologi. Jenjang pendidikan untuk pendidikan akademik diantaranya Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral(S3).

Nah, saat ini kamu sudah mengetahui perbedaan antara pendidikan vokasi dan pendidikan akademik. Kamu dapat memilih salah satu jenis pendidikan tergantung pada tujuan kamu melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Jika kamu ingin lebih cepat berkarir, maka kamu dapat mengambil pendidikan vokasi. Dengan berbekal ilmu yang lebih spesifik, tentunya kamu dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di dunia kerja.

pmb-nuri-bts

Artikel Terbaru

© Copyright 2021. BIRO TEKNOLOGI INFORMASI