Kuliah Sambil Kerja? Mengapa Tidak!

kuliah sambil kerja

Kuliah sambil kerja sudah menjadi hal yang umum untuk kamu yang memilih untuk membiayai kuliah secara mandiri. Beberapa orang yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan, kuliah sambil kerja juga menjadi solusi. Tentunya kuliah sambil kerja memiliki tantangan tersendiri jika dibandingkan dengan mahasiswa yang hanya berfokus kuliah saja.

Bagaimana Cara Kuliah Sambil Kerja?

Ketika kamu memiliki impian untuk kuliah sambil kerja, maka kamu dapat mengambil beberapa cara. Tentunya dengan kuliah sambil kerja, kamu dapat berkarir sejak dini dan juga dapat menyelesaikan kuliah tanpa harus membebani orang tua. Berikut caranya:

1. Mengambil Kelas Karyawan

Saat ini, banyak universitas yang membuka kelas karyawan, salah satunya adalah Universitas Nusa Mandiri. Kelas karyawan memang dibuka untuk para karyawan yang ingin meningkatkan kompetensinya dengan menempuh pendidikan kembali. Namun, jika kamu sudah berniat untuk mengambil kuliah dengan bekerja, maka kelas karyawan menjadi pilihan terbaik.

Baca Juga: Apa Jurusan yang Cocok untuk Saya?

Terdapat beberapa pilihan jam kuliah pada kelas karyawan. Kamu dapat memilih berkuliah setelah jam kantor selesai, atau dapat juga memilih kuliah saat weekend dengan jadwal full day. Selain itu, kamu juga dapat mengambil kuliah yang sebagian besar pertemuannya dilaksanakan secara online. Hal itu akan mempermudah kamu untuk membagi waktu antara kerja dan kuliah.

2. Bekerja pada Shift Sore/Malam

Jika kamu lebih memilih untuk menjadi mahasiswa pada kelas reguler, maka kamu dapat memilih untuk bekerja di shift sore-malam. Biasanya pekerjaan yang memerlukan shift sore-malam adalah guru les private, penjaga toko, penjaga warnet, pelayan café dan masih banyak lagi.

Sebelum mulai bekerja, kamu dapat memberitahu kepada atasan tempat kamu bekerja bahwa status kamu adalah mahasiswa. Dengan begitu, pemilik usaha dapat memberikan kompensasi waktu ketika suatu saat kamu harus izin saat ada keperluan terkait dengan kuliah.

3. Bekerja Secara Online

Di era digital seperti saat ini, banyak pekerjaan yang dapat dilakukan secara online. Salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan diantaranya adalah penulis lepas. Saat ini, banyak sekali perusahaan penulisan konten yang membutuhkan banyak writer. Pekerjaan ini tentunya sangat cocok untuk mahasiswa.

Selain writer, kamu juga dapat mendaftar sebagai freelance pada situs marketplace. Kamu dapat menawarkan keahlian yang kamu miliki seperti edit video, jasa desain, dan keahlian laninnya.

4. Menjalankan Bisnis Sendiri

Memiliki bisnis sendiri menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. Jika kamu cukup memiliki kebenarian, saat ini kamu dapat membuka bisnis sendiri. Kamu tidak perlu khawatir tentang modal karena saat ini banyak usaha yang dapat dijalankan tanpa haus memiliki banyak modal bahkan tanpa modal.

Membuka online shop menjadi salah satu trend dikalangan mahasiswa saat ini. Sebagai mahasiswa, tentu akan terbuka lebar kesempatan untuk belajar tentang melakukan variasi produk dan pendekatan marketing untuk produk yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Jalur Masuk Kuliah Untuk Calon Mahasiswa

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja bukanlah hal yang mudah. Selain memikirkan tugas kuliah, kamu juga harus tetap fokus pada pekerjaan yang sedang kamu jalani. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat harus menjalani kuliah sambil kerja.

1. Berkomitmen Kuliah Sambil Kerja

Komitmen kuliah sambil kerja sangat penting untuk mengingatkan kamu agar tetap semangat saat letih melanda. Komitmen juga membuat kamu lebih semangat dan tidak mudah mengeluh saat melakukan kuliah sambil kerja. Komitmen jugalah yang akan mengantarkan kamu untuk dapat menyelesaikan kuliah sambil kerja.

2. Kuliah dan Kerja menjadi Prioritas

Setelah kamu membangun komitmen kuliah sambil kerja, maka prioritas utama adalah kuliah dan bekerja. Kamu dapat mengesampingkan hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi kamu dalam kuliah dan kerja seperti nongkrong dengan teman. Bahkan, terkadang kamu juga harus mengorbankan jam tidur dan waktu berlibur.

3. Atur Waktu dengan Bijak

Kuliah sambil kerja merupakan hal yang berat. Hanya orang-orang dengan komitmen yang kuat yang dapat melaluinya. Selain itu, pengaturan waktu juga menjadi hal yang penting. Kamu harus tahu kapan harus kuliah, kerja, dan istirahat. Sesekali kamu juga dapat mengatur waktu untuk berlibur. Pembuatan jadwal harian akan sangat membantu agar kamu dapat mengatur waktu dengan baik.

4. Kembangkan Diri Saat Kuliah

Walaupun kamu akan menjadi sangat sibuk, kamu juga harus ingat bahwa mengembangkan diri sangatlah penting. Upgrade skill dapat dilakukan disaat sela waktu makan siang atau saat kamu senggang. Kini kamu juga dapat memanfaatkan internet untuk emndapatkan ilmu. Kamu dapat sharing juga dengan teman kuliah atau dosen untuk updgrade skill.

5. Mendapatkan Beasiswa

Memperoleh beasiswa dapat menjadi salah satu kesempatan kamu untuk dapat mengurangi beban pembayaran kuliah. Kamu dapat mempertahankan IPK kamu agar memperoleh beasiswa di perguruan tinggi. Saat ini banyak sekali program beasiswa yang dapat diambil oleh mahasiswa.

Pertimbangan terbesar saat memilih kuliah sambil kerja adalah biaya kuliah. Walaupun tidak sedikit juga mahasiswa yang sudah bekerja sebelumnya dan mengambil kuliah untuk meningkatkan kualifikasi.

nusamandiri-gel-khusus
nusamandiri dana cita

Artikel Terbaru

Scroll to Top