Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

jenis perguruan tinggi

Perguruan tinggi ataupun kampus merupakan tujuan akhir bagi para lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikannya. Mendekati pengumuman kelulusan SMA/SMK kerapkali membuat kamu bingung untuk menentukan pilihan kampus yang tepat. Kamu akan menemukan beberapa jenis kampus seperti Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi, dan Politeknik. Tahukah kamu mengapa diberikan penamaan yang berbeda? Padahal tidak jarang kampus-kampus tersebut memiliki program studi dengan nama dan jenjang yang sama.

Supaya kamu memahami setiap jenis kampus dan perbedaannya, maka kamu dapat menyimak beberapa informasi terkait dengan jenis kampus yang ada di Indonesia. Setelah kamu memahami, maka akan lebih mudah untuk memilih mengambil pendidikan di jenis kampus yang mana. Tentunya, setiap kebijakan kampus biasanya akan berbeda tergantung dari jenis perguruan tingginya.

Jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Sistem Pengelolaan

Selain berdasarkan sistem pendidikannya, kamu juga dapat menemukan kampus berdasarkan dengan sistem pengelolaannya. Jenis perguruan tinggi ini juga dapat membantu kamu untuk menentukan pilihan kampus mana yang akan dijadikan tempat kamu untuk menempuh pendidikan.

Baca Juga: Sebelum Kamu Memutuskan Kuliah, Pahami Dulu Tujuan dan Manfaatnya

1. Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

PTS dikelola oleh pihak swasta yang biasanya berbentuk yayasan. Kampus PTS dapat berbentuk Akademi, Politeknik, Universitas, Institut, maupun Sekolah Tinggi. Contoh perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia adalah Universitas Nusa Mandiri, Universitas Bina Sarana Informatika, dan universitas lainnya.

2. Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Sesuai namanya, PTN dikelola langsung oleh pemerintah. Sebagian besar PTN dikelola oleh Dinas Pendidikan Nasional. Di Indonesia, tentunya kamu sudah pernah mendengar informasi bebarapa universitas Negeri ternama seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan universitas lainnya.

3. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Selain PTN, PTK juga dikelola oleh pemerintah. Bedanya, PTK dikelola oleh kementrian ataupun non-kementrian. Sebagai contoh, terdapat beberapa PTK yang ada di Indonesia diantaranya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Akademi Militer (Akmil), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dan perguruan tinggi lainnya.

Jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Sistem Pendidikan

Kamu dapat menemukan beberapa jenis perguruan tinggi berdasarkan sistem pendidikannya. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui perbedaan dan kesamaan dari jenis perguruan tinggi. Simak informasinya berikut ini.

1. Institut

Institut menjadi salah satu perguruan tinggi yang berfokus pada satu jenis keilmuan saja. Perguruan tinggi ini juga memiliki sejumlah fakultas ataupun akademik tentang seni, teknologi, ataupun ilmu pengetahuan. Namun, semuanya masih dalam satu jenis keilmuan. Kamu juga dapat menemukan Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi di Institut.

2. Universitas

Universitas menjadi salah satu jenis perguruan tinggi yang memiliki rumpun ilmu paling banyak jika dibandingkan dengan jenis kampus lainnya. Pembagian rumpun ilmu dilakukan melalui jenis fakultasnya. Beberapa fakultas yang biasanya ada di Universitas diantaranya Fakultas Tenik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik & Informatika, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, dan berbagai fakultas lainnya.

Perguruan tinggi jenis ini biasanya membagi pendidikan dalam dua jenis yaitu Vokasi dan Akademik. Pendidikan Vokasi fokus pada keahlian dan keterampilan agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri setelah lulus sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. Sedangkan pendidikan Akademik lebih menekankan pada pengembangan ilmu.

Universitas juga memberikan banyak pilihan untuk jenjang pendidikan. Kamu dapat menemukan jenjang Diploma III (D3), Strata I (S1), Strata II (S2) atau Magister dan Strata III (S3) atau Doktor.

Baca Juga: Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Baru Universitas Nusa Mandiri

3. Politeknik

Politeknik menjadi perguruan tinggi yang tidak menyelenggarakan pendidikan Akademik dan berfokus pada Pendidikan Vokasi. Tujuan dari politeknik adalah untuk mencetak lulusan yang siap berkarir setelah lulus. Perkuliahan yang diberikan juga lebih berorientasi pada praktik.

4. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi menjadi salah satu perguruan tinggi yang terdiri dari satu fakultas saja. Fakultas yang terdapat pada Sekolah Tinggi akan terbagi dalam beberapa perguruan tinggi. Untuk jenjang pendidikan, Sekolah Tinggi memiliki kesamaan dengan Universitas yaitu membuka pendidikan Vokasi dan Akademik.

5. Akademi

Akademi menyelenggarakan pendidikan vokasi dan berfokus pada satu jenis ilmu saja. Program yang ditawarkan biasanya di jenjang Diploma III. Kamu tentu dapat menemukan beberapa akademi yang saat ini ada di Indonesia seperti Akademi Angkatan Laut, Akademi Manajemen dan Informatika, Akadmei Penerbangan, dan lainnya.

Itulah beberapa jenis perguruan tinggi yang dapat kamu pilih sebagai tujuan kamu untuk menempuh kuliah setelah lulus dari bangku SMA. Universitas Nusa Mandiri dapat menjadi pilihan kamu untuk menempuh pendidikan. Selain akreditasinya bagus kamu juga dapat menyelesaikan pendidikan dengan beasiswa kuliah. Kamu dapat mendaftarkan diri kamu melalui PMB Nusa Mandiri.

Tanya Jawab

Biaya Per-SMT S1 Hanya Rp. 4.000.000,-
Biaya Per-SMT S2 Hanya Rp. 10.000.000,-

Informasi lebih lanjut dapat membuka Aplikasi PMB Nusa Mandiri

Untuk menghubungi Panitia PMB Universitas Nusa Mandiri, silahkan Klik Disini atau dapat melalui telepon (021) 800-57-22

Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah di Universitas Nusa Mandiri dibayarkan melalui ATM / Internet Banking / Mobile Banking, Indomaret atau Alfa Grup. Ikuti panduan membayar yang muncul saat meminta kode bayar.

Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Nusa Mandiri hanya dilaksanakan secara online, menggunakan Aplikasi PMB Nusa Mandiri

© Copyright 2021. BIRO TEKNOLOGI INFORMASI