Gagal SNMPTN? Jangan Nyerah Dulu Simak 5 Hal Berikut Ini!

gagal snmptn

Ketika kamu harus menghadapi kenyataan bahwa kamu gagal dalam SNMPTN, kamu tidak perlu bersedih hati. Lulus ataupun tidak tentu akan menjadi rencana indah dibaliknya. Untuk kamu yang tidak lulus SNMPTN, jangan berputus asa. Saat ini masih banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk berkuliah di kampus impian dan mewujudkan cita-cita kamu.

Hal yang Dapat Dilakukan Saat Gagal SNMPTN

Gagal SNMPTN bukan menjadi alasan untuk putus asa dan menyerah untuk meraih cita-cita yang sudah kamu camkan. Agar kamu tidak mengalami kegalauan saat gagal SNMPTN, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

Baca Juga: Apa Jurusan yang Cocok untuk Saya?

1. Bersiap Mengikuti UTBK SBMPTN

Kegagalan saat SNMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Kamu masih dapat masuk ke PTN impian melalui jalur UTBK SBMPTN. Jalur ini tentunya berbeda dengan jalur SNMPTN yang menggunakan seleksi raport. UTBK SBMPTN akan menggunakan nilai UTBK untuk seleksi. Hasil tes UTBK akan menjadi penentu kelulusan kamu untuk masuk ke perguruan tinggi yang kamu inginkan.

Agar kamu mendapatkan nilai yang tinggi dalam UTBK, maka kamu per lul mempersiapkannya sedini mungkin. Oleh karena itu, kamu tidak boleh tenggelam dalam kesedihan setelah gagal SBMPTN. Kamu harus mendaftar program UTBK SBMPTN segera dan belajar secara intensif untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Lihat Peluang Masuk PTN Melalui Seleksi Mandiri

Ketika jalur UTBK SBMPTN belum berhasil mengantarkan kamu ke PTN impian, maka kamu dapat mencoba masuk melalui seleksi mandiri. Biasanya seleksi mandiri dikelola secara langsung oleh pihak PTN. Tentunya, jadwal dan ketentuan seleksi akan berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Agar kamu tidak ketinggalan informasi, maka kamu dapat selalu update website resmi kampus tujuan kamu.

3. Mempertimbangkan Sekolah Kedinasan

Sekolah Kedinasan dapat menjadi pilihan setelah gagal SNMPTN. Kamu harus menyiapkan mental karena biasasanya sekolah kedianasan lebih ketat dan tegas. Biasanya ada tuntutan untuk menggunakan seragam, disiplin yang tinggi, dan belajar dengan lebih tekun. Namun semua itu tidak akan sia-sia karena setelah lulus kamu akan langsung direktrut pada lembaga ataupun kementrian yang menaungi sekolah kedinasan.

4. Mencari PTS yang Berkualitas

TIdak ada salahnya untuk berkuliah di PTS yang berkualitas. Saat ini banyak sekali PTS yang tidak kalah kualitasnya dengan PTN. Sebenarnya, kuliah tidak hanya dilihat dari kampusnya saja, namun lebih mengarah kepada bagaimana kamu dapat berprogress saat belajar. Salah satu kampus swasta yang dapat kamu pilih adalah Universitas Nusa Mandiri. Kamu juga dapat berkuliah melalui program beasiswa lho.

Baca Juga: Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

5. Gap Year

Jika kamu masih bersikeras untuk meraih PTN impian, kamu dapat memilih untuk gap year dan mengikuti seleksi kembali di tahun depan. Agar hari-harimu lebih bermanfaat, kamu dapat mengisi gap year dengan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas diri. Kamu juga dapat mengasah kemampuan dengan menjadi freelancer ataupun memulai bisnis individu.

Kegiatan yang bermanfaat dapat membantu kamu lebih mudah dalam berkarir. Agar setiap kegiatan dapat terwujud, kamu dapat membuat target dan rencana apa saja yang akan dilakukan agar kamu terus berkomitmen untuk mewujudkannya.

Itu dia beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika tidak lolos SNMPTN. Kegagalan yang kamu alami bukan berarti kamu tidak sukses di masa depan. Setiap orang sukses memiliki cara yang berbeda dalam meraihnya. Yang terpenting adalah kamu tetap bersemangat untuk meraih cita-cita dan tidak mudah menyerah.

nusamandiri-gel-khusus
nusamandiri dana cita

Artikel Terbaru

Scroll to Top