Apa itu Fakultas, Jurusan, dan Prodi? Simak Informasinya Berikut Ini!

fakultas jurusan prodi

Jika kamu berniat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, maka terdapat beberapa istilah yang perlu kamu ketahui. Beberapa istilah yang sering digunakan di kalangan mahasiswa adalah fakultas, jurusan dan prodi. Simak informasi berikut untuk memahami tentang Fakultas, Jurusan dan Prodi.

Apa itu Fakultas?

Fakultas merupakan bagian administratif pada perguruan tinggi atau universitas yang menaungi beberapa program studi atau jurusan. Biasanya dalam satu universitas terdapat beberapa fakultas. Satu fakultas biasanya dipimpin oleh dekan yang dipilih melalui rapat senat fakultas.

Dalam memimpin fakultas, biasanya dekan akan dibantu oleh tiga wakil atau pembantu dekan. Berikut adalah contoh dari fakultas yang ada di salah satu perguruan tinggi (Universitas Nusa Mandiri) beserta jurusannya.

1. Fakultas Teknologi Informasi

Sesuai namanya, fakultas ini memiliki jurusan atau program studi yang terkait dengan teknologi informasi. Penamaan suatu fakultas juga biasanya disesuaikan dengan jurusan yang ada didalamnya. Pada Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri, terdapat beberapa program studi diantaranya:
– Ilmu Komputer (S2)
– Teknik Informatika (S1)
– Sistem Informasi (S1)
– Sains Data (S1)

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pada fakultas ini, terdapat beberapa jurusan yang memang terkait dengan ekonomi dan bisnis. Berikut program studi yang terdapat pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Mandiri:
– Perhotelan (D3)
– Manajemen (S1)
– BIsnis Digital (S1)

Pengertian Jurusan

Jurusan pada suatu perguruan tinggi merupakan bagian dari fakultas. Jurusan akan menjadi fokus bidang studi yang dipilih oleh mahasiswa. Dalam satu fakultas terdiri lebih dari satu jurusan. Setiap jurusan tentunya memiliki mata kuliah yang berbeda. Namun, untuk matakuliah wajib biasanya memiliki kesamaan untuk setiap jurusan yang ada.

Biasanya terdapat beberapa jurusan yang menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru. Di era pandemi seperti saat ini, jurusan dibidang teknologi lebih diminati. Hal itu dikarenakan pemanfaatan teknologi semakin dimaksimalkan untuk menunjang kehidupan.

Jurusan di bidang teknologi juga memilki prospek karir yang bagus. Apalagi beberapa profesi dapat dilakukan tanpa harus ke kantor. Selain jurusan dibidang teknologi, jurusan dibidang kesehatan juga menjadi salah satu dengan prospek kerja yang sedang banyak dicari saat ini.

Pengertian Prodi

Hingga saat ini, masih banyak yang rancu antara jurusan dan program studi. Namun, hal itu kembali pada penggunaannya di masing-masing universitas. Penggunaan program studi biasanya mengarah pada proses pendidikan secara akademik yang dilaksankaan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

Sebagai contoh, pada suatu kampus ada jurusan Bahasa Inggris. Nah, pada jurusan tersebut menawarkan dua program studi yaitu Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris. Pendidikan biasanya akan membentuk mahasiswa menjadi tenaga pengajar sedangkan sastra lebih mengarah pada mendalami aspek sastra, linguistik dan kebudayaan pada suatu bahasa.

Jurusan kuliah yang kamu ambil akan sangat berpengaruh pada prospek kerja setelah lulus. Kamu dapat memilih jurusan kuliah sesuai dengan passion yang kamu miliki. Ketika kamu menyukai teknologi, maka kamu dapat mengambil jurusan Sistem Informasi, Teknologi Informasi atau Sains Data. Saat ini, prospek karir menjadi faktor utama dalam pemilihan program studi.

nusamandiri-gel-khusus
nusamandiri dana cita

Artikel Terbaru

Scroll to Top