5 Peranan Mahasiswa dalam Masyarakat yang Perlu Kamu Ketahui

peranan mahasiswa dalam masyarakat

Sebelum kamu memutuskan untuk menjadi mahasiswa, kamu perlu mengetahui beberapa peran dari mahasiswa di masyarakat. Mahasiswa tidak hanya menempuh kuliah saja, namun perannya dalam masyarakat juga sangat penting. Peran mahasiswa tidak hanya memberikan dampak pada lingkungan saja, tapi pada kemajuan bangsa.

Apa Peran Mahasiswa dalam Masyarakat?

Terdapat beberapa peran mahasiswa dalam masyarakat yang perlu kamu ketahui. Tentunya kamu dapat mempersiapkan diri agar dapat mempersiapkan diri untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan. Berikut peran mahasiswa dalam masyarakat yang perlu kamu ketahui.

1. Social Control

Peran pengontrol sosial (sosial control) merupakan peran mahasiswa terhadap kehidupan masyarakat, negara dan bangsa. Mahasiswa akan memberikan ktirik, saran, dan solusi ketika terdapat hal yang tidak sesuai dengan nilai luhur dan cita-cita bangsa. Dengan keaktifan mahasisiwa, diharapkan pemimpin memiliki arah kebijakan yang tepat.

Sebagai agen sosial control mahasiswa harus dapat menerapkan nilai idealisme yang ada di tanah air. Hal itu perlu ditetapkan agar mahasiswa dapat berpegang teguh kepada nilai bangsa dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik. Menerapkan peran pengontrol sosial tentu tidaklah mudah karena banyak juga mahasiswa yang tergadai idealismenya oleh materi.

2. Moral Force

Mahasiswa memiliki peran sebagai kekuatan moral di tengah masyarakat. Dengan dunia tanpa batas seperti saat ini, tentu memudahkan nilai-nilai luar yang masuk ke negeri ini. Hal itu membuat moral yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa mudah mempengaruhi masyarakat. Berbagai moral yang tidak sesuai harus ditangkal agar tidak merusak moral bangsa.

Kepribadian tanah air harus terus dijaga. Hal itu membutuhkan peran serta dari mahasiswa sebgai kekuatan moral. Mahasiswa tentu memiliki karakter yang baik karena tingkat intelektual yang dimiliki. Dengan pemahaman tentang perannya sebagai moral force, mahasiswa akan memberikan yang terbaik untuk bangsa.

3. Agent of Change

Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang agen perbuahan. Mahasiswa menjadi agen penggerak untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan dilalukan melaui pengetahuan, keterampilan dan ide kreatif. Mahasiswa dapat menjadi lokomotif dari kemajuan untuk kehidupan masyarakat.

Peran mahasiswa sebagai agen perubahan dapat mencakup beberapa bidang seperti politik, ekonomi, dan pendidikan. Kamu tentu banyak melihat mahasiswa yang melakukan KKN di suatu daerah, atau mahasiswa yang menciptakan produk inovatif sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

Sebagai agen perubahan, tentunya mahasiswa harus memiliki tekad untuk bergerak kearah yang lebih baik. Menanamkan nilai positif dalam diri sendiri menjadi langkah awal untuk memberikan kontribusi kepada orang lain. Sebagai penggerak perubahan, mahasiswa juga perlu memiliki tekad dan semangat yang kuat.

4. Penjaga Nilai

Mahasiswa menjadi garda terdepan dalam menjaga nilai luhur dan mulia. Kejujuran, gotong royong, keadilan dan empati menjadi beberapa nilai yang perlu dijaga. Mahasiswa juga memiliki sikap kritis ketika nilai keadilan tidak ditegakan. Dalam hal ini, mahasiswa memiliki peran untuk menjaga nilai untuk kemajuan bangsa.

5. Penerus Bangsa

Mahasiswa menjadi generasi penerus bangsa. Untuk menjadi generasi penerus bangsa yang baik, maka setiap mahasiswa perlu kompeten dan memiliki kualitas diri. Mempersiapkan diri untuk menjadi pribadi yang baik dan memliki gagasan untuk memajukan bangsa dapat menjadi misi bagi mahasiswa.

Sebagai penerus bangsa, mahasiswa harus sadar tentang sumbangsi yang diberikan untuk negeri. Tentunya dengan pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki, mahasiswa dapat memberikan ide atau pemikiran yang dapat merubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Peranan mahasiswa sangat penting di masyarakat. Hal itu membuat kamu harus memiliki semangat yang lebih ketika memilih untuk duduk di bangku kuliah. Sebagai mahasiswa, kamu harus terdorong untuk memiliki prinsip hidup sebagai pedoman untuk menjalankan aktivitas di kampus.

pmb-nuri-bts

Artikel Terbaru

© Copyright 2021. BIRO TEKNOLOGI INFORMASI